My Ideas About Now
History Of Lifetime Achievement

Ninja Terkenal Bag. 2

A. Momochi Sandayu Tensho (1525-1585)
Momochi Sandayu dikenal juga dengan nama Momochi Tanba no Kami dan Momochi Tanba Yasumitsu. Sandayu dikenal sebagai pendiri awal aliran ninjutsu Iga-ryu dan telah melatih banyak ninja yang nantinya terkenal (diantaranya Hattori Hanzo, Ishikawa Goemon). Dia menjadi legenda sebagai pemimpin ninja diseluruh jepang di masanya. Momochi juga dikenal sebagai Fujibayushi Nagato yang menguasai aliran Ninjutsu Koga seperti juga Iga. Momochi Sandayo menguasai semua ilmu aliran ninjutsu baik dari Koga maupun Iga, tetapi sebenarnya dia berasal dari Ryuguchi di kota Nabari di provinsi Iga. dan juga ada yg mengatakan dia memiliki rumah di daerah Takiguchu-jo dan mempunyai tempat latihan ninja di Hojiro di kota Ueno.

Provinsi Iga dikuasai oleh 3 ketua ninja diantaranya Fujibayashi di utara, Hattori di tengah, dan Momochi di selatan provinsi. di kamp Hojiro dia melatih banyak ninja iga dan menguasai wilayah selatan provinsi iga. Oda Nobunaga memakai kekuatan Ninja dari Iga untuk membantunya dalam perang nasional dan karena hal ini juga yang menyebabkan ninja iga terkenal di jepang dan kalangan samurai. Karena takut akan pengaruh Ninja Iga, Oda Nobunaga mengirim anaknya Oda Nobuo untuk pergi ke provinsi Iga dan membunuh semua ninja yang ada disana. Karena tempat dan wilayah yg lebih dikuasai oleh ninja Iga, anak Nobunaga mengalami kekalahan yang memalukan. Oda Nobunaga marah dan mengirimkan 10.000 pasukan pada tahun 1581 untuk menghancurkan desa Iga beserta ninja nya. Banyak ninja Iga yang mati akhirnya banyak ninja Iga yang bergabung dengan Tokugawa Ieyashu. Nama momochi Sandayu tidak pernah tertulis dalam sejarah jepang, tetapi keluarga Momochi memang berpartisipasi dalam pertempuran Tensho Iga no Ran di tahun 1581. Selama hidupnya, Sandayu yang merupakan pendiri dari Iga-ryu, yang juga merupakan soke dari Momochi-ryu, Koto-ryu, Gyokko-ryu. dan fakta bahwa dia juga dikenal dengan nama Fujibayushi Nagato, berarti dia juga soke dari Koga-ryu.

Momochi Sandayu pernah berkata :
“Ninjutsu is not something which should be used for personal desires. It is something which should be used when no other choice is available, for the sake of one’s country, for the sake of one’s lord, or to escape personal danger. If one deliberately uses it for the sake of personal desires, the techniques will indeed fail totally.”

“Beware of those who would seek to divide, for all of us have more that is alike than not. Those who would seek to divide have darkness in their heart.”

B. Hachiryu Nyudo (1100-1155)
Hanya sedikit cerita yang diketahui mengenai Hachiryu Nyudo selain dia ada hubungan darah dengan aliran ninjutsu pada awal kebangkitannya. dia dilatih oleh Garyu Doshi dan kemudian dia melatih Tozawa Hakuunsai sebagai soke pertama dari Gyokko-ryu Ninjutsu. Hachiryu mengembangkan alat ninja bernama Kyoketsu-shogei, alat yg berbentuk rantai dengan ujung satunya berisi pisau dan ujung satunya seperti cincin, senjata ini digunakan dengan cara melempar ujung satunya (pisau) dan menjadikan cincin satunya sebagai alat untuk bertahan dari serangan musuh.

C. Kato Danjo (1530-1575)
Tobikato atau Kato Danjo, merupakan seorang master Kumogakure-ryu ninjutsu yg mempelajari teknik melompat dan berlari. Dia telah menjadi bawahan dari beberapa daimo, diantaranya Uesugi Kenshin kemudian dia juga pernah mengabdi pada Takeda Shingen. masih banyak misteri yang menyelimuti bagaimana ninja ini mati dan cerita ttg dia tidak pernah tertulis dalam catatan sejarah jepang. Dikatakan dia pernah mengabdi di bawah klan Oda. Kato Danjo disejajarkan dengan ninja dari desa Iga karena dia mempunyai hubungan dengan provinsi Omi. Dia dipekerjakan di bawah klan Oda dan menikah dengan anak perempuan dari Toyotomi Hideyoshi.

2 Responses to “Ninja Terkenal Bag. 2”

  1. Thanks for the post

  2. kayaknya kotaro Fuma kok ga masuk daftar yaaaaa….????


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: