My Ideas About Now
History Of Lifetime Achievement

Minamoto no Yoritomo

Minamoto no YorimotoA. Sejarah
Minamoto no Yoritomo (9 Mei 1147—9 Februari 1199) adalah pendiri sekaligus shogun pertama Keshogunan Kamakura. Lahir sebagai putra ketiga Minamoto no Yoshitomo, ayahnya adalah garis keturunan utama Kawachi Genji (klan Minamoto dari Kawachi). Yoritomo diasingkan ke Izu setelah ayahnya tewas dan klan Minamoto tersingkir akibat Pemberontakan Heiji. Atas perintah resmi Pangeran Mochihito, Yoritomo bertempur untuk menyingkirkan klan Taira. Setelah menguasai wilayah Kanto, Yoritomo mendirikan markas besar di Kamakura. Yoshitomo menghabisi Minamoto no Yoshinaka (adik sepupu) dan menghancurkan klan Taira dengan bantuan adik-adiknya. Minamoto no Yoshitsune, adik lain ibu yang membantunya dalam peperangan dikucilkan dan dibunuh. Klan Oshu Fujiwara dihancurkan dalam Perang Oshu, dan Yoritomo diangkat sebagai Sei-i Taishogun di tahun 1192. Pemerintahan militer yang dirintisnya disebut Keshogunan Kamakura dan bertahan sekitar 680 tahun hingga Restorasi Meiji.

Minamoto no Yoritomo adalah anak tertua ketiga dari Minamoto no Yoshitomo dari istri yang bernama Fujiwara no Suenori. Minamoto no Yoritomo dilahirkan di Heian-kyo, Ibu kota Jepang (sekarang dikenal dengan nama Kyoto). Ketika itu kakeknya yg bernama Minamoto no Tameyoshi, adalah seorang kepala dari klan Minamoto. Di tahun 1156 terjadi pemberontakan Hogen antara Fujiwara no Tadazane atau Taira no Kiyomori dan didukung oleh raja Toba dan anaknya raja Go-Shirakawa dengan Fujiwara no Yorinaga. Sayangnya Klan Genji juga terpisah, ketua klan Genji yg bernama Tameyoshi bergabung dengan Shogun Sutoku sedangkan anaknya Yoshimoto bergabung dengan raja Toba dan Go-Shirakawa. Pada akhirnya pendukung raja Go-Shirakawa memenangkan perang saudara dan mengasingkan raja Sutoku di kediamannya dalam pengawasan penuh. Yoshinaga sendiri terluka parah saat perang dan Tameyoshi di hukum mati. Kemudian Yoshimoto diangkat sebagai kepala/ketua klan dan Yoritomo menjadi wakil nya.

Saat itu klan Taira yg dipegang oleh Kiyomori dan Klan Minamoto yg dipegang Yoshimoto mulai menunjukkan benih perseteruan. Kiyomori memberikan dukungan kepada Raja Nijo yang merupakan anak dari Raja Go-Shirakawa dan Yoshimoto mendukung Fujiwara no Tadamichi dan Fujiwara no Michinori yg dikenal sebagai pemberontakan Heiji. Minamoto dan pendukungnya mengalami kekalahan dan Kiyomori yg berhasil menduduki Kyoto. Fujiwara no Michinari dan Fujiwara no Tadamichi dihukum mati dan Yoshitomo melarikan diri keluar ibu kota pada tahun 1160 dan dikhianati dan dibunuh oleh pembantunya di Owari. Sedangkan Yoritomo yg diangkat sebagai ketua klan Minamoto diasingkan di Hirugashima. Yoritomo tidak di eksekusi karena dapat pembelaan dari Ibu tiri Kiyomori Lady Ikenozenni. Minamoto no Noriyori juga diasingkan dan Minamoto no Yoshitsune juga diasingkan di kuil dan semua pengikutnya di eksekusi.

No Responses to “Minamoto no Yoritomo”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: