My Ideas About Now
History Of Lifetime Achievement

Minamoto no Yoshinaka

Yoshinaka dan Tomoe GozenA. Sejarah
Minamoto no Yoshinaka (1154–1184) adalah seorang jendral pada masa Heian. Salah satu anggota klan Minamoto dan mempunyai seorang saudara bernama Minamoto no Yoritomo yang menjadi rivalnya saat perang Genpei berlangsung antara klan Minamoto dan klan Taira. Lahir di provinsi Musashi, ayah dari Yoshinaka terbunuh dan daerahnya dikuasai oleh Minamoto no Yoshihira dan keluarganya. Yoshihira juga berniat membunuh Yoshinaka, tetapi untungnya Yoshinaka berhasil melarikan diri dan berlindung di bawah naungan klan Nakahara di Kiso, provinsi Shinano dan disanalah dia dibesarkan. Yoshinaka dibesarkan oleh ibu dari Nakahara Shirowho. Nakahara Shiro kemudian akan menjadi Imai no Shiro Kanehira, teman terdekat dan yang paling setia dari Yoshinaka. Yoshinaka kemudian berganti nama klan dari Minamoto menjadi Kiso.

Di tahun 1180, Yoshinaka menerima panggilan pangeran Mochihito untuk menjadi bagian dari klan Minamoto untuk melawan klan Taira. Yoshinaka bergabung dalam perang Genpei di daerah Shinano dan berhasil menaklukkan provinsi tersebut. Di tahun 1181, Yoshinaka ingin mengambil lagi daerah yg seharusnya dimiliki oleh dirinya dari sang ayah yg dimiliki oleh Minamoto no Yoritomo. Mereka berdua akhirnya sepakat untuk tidak berebut daerah tersebut dan mengadakan perang dan akhirnya Yoshinaka menerima Yoritomo sebagai pemimpin klan Minamoto dan Yoshinaka mengirimkan anaknya yg bernama Yoshitaka sebagai sandera ke Kamakura. Walaupun di permalukan, Yoshinaka sekarang berniat untuk mengalahkan Yoritomo dan menaklukkan Taira sendirian dan mengambil kekuasaan atas klan Minamoto.

Yoshinaka mengalahkan pasukan Taira no Koremori di pertempuran perbatasan Kurikara dan menuju ke Kyoto untuk merebutnya kembali. Klan Taira mundur keluar dari Kyoto dan membawa anak dari Raja Antoku bersama mereka. 3 hari kemudian pasukan Yoshinaka sampai ke Kyoto dan merebut kekuasaan atas pemerintahannya dan mengasingkan Emperor Go-Shirakawa dan memaksa Shirakawa mengangkat dirinya menjadi Shogun Asahi. Minamoto no Yoritomo marah atas sikap Yoshinaka memerintahkan kedua saudaranya Minamoto no Yoshitsune dan Minamoto no Noriyori untuk menyerang dan membunuh Yoshinaka. Yoshinaka akhirnya terbunuh di tangan Minamoto no Yoritomo pada pertempuran Awazu di Omi dan dikuburkan di Otsu di provinsi Omi.

No Responses to “Minamoto no Yoshinaka”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: