My Ideas About Now
History Of Lifetime Achievement

Muso Gonnosuke Katsuyoshi

Muso GonnosukeA. Sejarah
Muso Gonnosuke Katsuyoshi adalah samurai pada awal tahun 1600, pendiri dari dojo jojutsu-koryu beraliran Shinto Muso-ryu. Pertarungan yang membuat dirinya terkenal ketika melawan Musashi Miyamoto. Muso Gonnosuke dilahirkan dari keluarga samurai, dan seperti keluarga samurai dan pendiri aliran pedang pada umumnya akan mengakui bila mereka keturunan langsung dari para samurai jaman dahulu. Keluarga dari Muso merupakan keturunan dari Kiso Kanja no Taiyu Kakumei, seorang pelayan dari samurai terkenal Minamoto Yoshinaka. Nama keluarga Gonnosuke seharusnya Hirano , dan nama panggilan Muso sebelumnya adalah Gonbei. Tidak seperti Musashi yang seorang Ronin, Muso adalah Samurai yang melakukan perjalanan untuk mengetahui jalan pedangnya (Musha Shugyo).

Muso mempelajari banyak aliran sebelum dia melakukan perjalanan pedangnya, dia menjadi murid dari berbagai aliran diantaranya Aliran Shinto Muso-ryu densho, Tenshin Shōden Katori Shinto-ryu, Kashima Shinto-ryu. Muso selain mempelajari pedang juga mempelajari senjata lain diantaranya bo (tongkat panjang), naginata (tongkat pedang), yari (tombak) dan bermacam2 senjata lainnya. Setelah menyelesaikan latihan dan menerima sertifikat dari tempat latihan dia melakukan perjalanan dengan disertai pengikut. Dikatakan dia telah banyak mengalahkan banyak samurai terbaik di jamannya sebelum dia melawan Musashi Miyamoto. Pertarungan pertama dengan Musashi memiliki banyak pendapat, dan banyak versi. berdasarkan Niten (Niten ki) memberikan gambaran pertarungan tentang Musashi dengan Muso tetapi tidak secara mendetail “While Musashi was in Edo, a man named Muso Gonnosuke came, looking for a match. Gonnosuke was armed with a bokuto (wooden sword). At the moment, Musashi had a willow bow, but he immediately took up a stick to confront Gonnosuke. Without even a nod, Gonnosuke attacked. Musashi struck him down in one stroke. Thwarted, Gonnosuke quit.”. Setelah pertarungan pertama dengan Musashi, Muso kembali melatih diri di Kuil Shinto di Gunung Homan di provinsi Chikuzen. Dia melatih teknik Jo-ryu utk melawan teknik berpedang baik dalam penyerangan maupun pertahanan, dan juga menghindari teknik pertahanan 2 pedang Musashi. Pertarungan Kedua antara Musashi dan Muso Gonnosuke terjadi dan pada akhirnya Musashi dikalahkan oleh Muso, dia mengampuni Musashi karena ingin membalas atas pengampunan dirinya ketika kalah dari Musashi ( Kemenangan Muso atas Musashi masih diperdebatkan sampai kini, karena masih belum ada sumber yg pasti).

Setelah pertarungan kedua, Muso dan Musashi melakukan perjalanan pedang bersama. Ketika Muso sampai di Fukuoka, dia diminta untuk melatih oleh klan Kuroda untuk mengajarkan teknik Jo-ryu yang berkembang menjadi aliran sendiri bernama Shinto Muso-ryu / Shindo Muso-ryu. Prasasti dari Muso Gonnosuke di buat di kuil Shinto oleh Shimizu Takaji, seorang penganut aliran Shinto Muso-ryu.

No Responses to “Muso Gonnosuke Katsuyoshi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: