My Ideas About Now
History Of Lifetime Achievement

Klan Yoshioka

Yoshioka Kenpo A. Sejarah
Aliran pedang Yoshioka-ryu adalah aliran koryu yang juga bagian dari aliran pedang Kyohachi-ryu ( aliran 8 pedang kyoto). Yoshioka klan mulai terkenal pada abad ke-16 ketika Yoshioka Kenpo dijadikan sebagai instruktur pedang keshogunan Ashikaga di Kyoto. Menjadikan klan ini ikut terangkat derajatnya di jepang. Yoshioka-ryu didirikan pada masa pertengahan periode Tenmon (1532 – 1554) oleh Yoshioka Kenpo (Kenbo). Yoshioka Kenpo dan keluarganya merupakan pembuat cat yang terkenal dalam membuat cat dengan menggunakan teknik spesial dengan memproduksi warna biru tua yang dapat diproduksi setiap waktu. Perpaduan cat tersebut disebut Kenpo-zome. Kenpo menguasai permainan pedang dan menemukan teknik bertarung sendiri berdasarkan aliran Kiichi Hogen’s. Yoshioka Kenpo diakui atas skill bertarungnya dan dijadikan instruktur pedang oleh keshogunan Ashikaga (dari tahun 1521 – 1545) di Kyoto. Yoshioka mengalami hal yang memalukan hanya karena terkena pukulan dari artis Noh ketika melakukan pertunjukan di Istana Shogun. Bagi seorang instruktur pedang keshogunan ini merupakan penghinaan terbesar, karena malu atas tindakan artis tersebut maka si kenpo membunuh artis tersebut dan menyeretnya kedalam istana. Semenjak dinyatakan sebagai buronan dia telah membunuh banyak pengejarnya sebelum dia sendiri terbunuh, dia terbunuh ketika sabuk dari hakamanya terlepas dan menyebabkan dia kehilangan keseimbangan dan akhirnya terbunuh oleh pedang pengejarnya. Yoshioka Kenpo telah membangun dasar aliran dengan kuat tetapi Klan Yoshioka dan alirannya hanya bertahan selama 4 generasi saja. Ketika Shogun Ashikaga (1546 – 1565) mempertemukan Yoshioka dengan Shinmen Munisai(Ayah dari Miyamoto Musashi), Shinmen Munisai menang 2:1. Pertarungan ini menyebabkan terjadinya rival antara kedua keluarga. Kemudian 1 Generasi beikutnya, Miyamoto Musashi berhasil mengalahkan Yoshioka Seijuro dan Yoshioka Denshichiro, dan pembunuhan terhadap Yoshioka Matashichiro mengakhiri masa klan Yoshioka pada tahun 1604 (berdasarkan Nitenki, murid dari Miyamoto Musashi’s).

* Yoshioka Kenpo

Samurai terkenal pada jaman Sengoku (1482 – 1558), pendiri sekolah pedang aliran Yoshioka-ryu. Yoshioka kenpo menguasai aliran pedang Kyohachi-ryu dan memodifikasinya untuk dijadikan aliran baru (Yoshioka-ryu). Dia menjadi pelatih militer pasukan dari shogun Ashikaga. Dia mengalami kekalahan saat melawan Shinmen Munisai (Ayah Musashi Miyamoto).

*Yoshioka Seijuro

Anak pertama dari penerus Klan Yoshioka yang memiliki ilmu pedang yang bisa dihandalkan, karena dia merupakan kepala dojo sekolah Yoshioka-ryu. Sayangnya dia mati di tangan Musashi Miyamoto pada saat Musashi melakukan Jalan Samurai nya.

*Yoshioka Denshichiro

Adik dari Yoshioka Seijuro yang yang melakukan jalan samurai setelah kematian ayahnya, dan sempat bertemu dengan kojiro dalam perjalanannya. dia juga mati di tangan Musashi Miyamoto dalam pertarungan di  kuil Rendaiji.

No Responses to “Klan Yoshioka”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: